Ahadian Si Juragan Grosir Tas Laptop

18.57



“Internet Marketing merupakan salah satu cara untuk mengurangi pengangguran. Dan tidak selalu harus punya produk atau modal uang”. – Ahadian- (owner grosirtaslaptop.com)

Berasal dari daerah Tulungagung, Ahadian atau yang biasa disapa sebagai Pak Dian memilih melanjutkan jenjang pendidikan selepas SMU di kota Malang. Anak ketiga dari empat bersaudara ini memilih D3 Informatika sebagai jurusan yang dijalaninya.  Pada 2001 setelah menyelesaikan jenjang D3 nya Pak Dian melanjutkan ke STIMI (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia) yang merupakan lembaga pendidikan di seputaran kampus Unmer Malang. Pada 2003 Pak Dian berhasil meraih gelar S-1 nya, dan dunia kerja pun menanti dihadapannya. 

Berbekal kemampuan teknis mengenai komputer yang selama menjadi mahasiswa ditekuni maka setelah lulus pun dunia pekerjaan yang dipilihnya adalah dunia yang berhubungan dengan komputer. Beliau memilih menjadi karyawan di sebuah toko komputer di Surabaya. Pekerjaan dengan menjadi pegawai toko  dijalaninya. Kesempatan pulang ke rumah di Malang yang hanya seminggu sekali membuat Pak Dian merasa jauh dari keluarga sehingga pada tahun 2008 beliau memutuskan untuk keluar dan membuka usaha aksesori dan peralatan komputer. Rumah di Jalan Mertojoyo menjadi pusat usahanya, selain itu Pak Dian juga melakukan pemasaran door to door. Dua orang karyawan dipekerjakannya untuk memasarkan barang-barang dagangannya mulai dari Kota Batu, Lawang, Kepanjen, hingga  Tumpang.  

Usaha yang dijalaninya bisa terbilang lancar, tetapi tentu ada rasa ingin lebih maju. Dirasa tempat usahanya kurang strategis karena tidak terletak di jalan besar maka Pak Dian berpikir untuk mencoba memasarkan produknya melalui bantuan teknologi dengan kata lain melalui Internet Marketing. Pada awalnya beliau mencoba menjual barang melalui internet secara autodidak tetapi dirasa kurang maksimal. Maka pada bulan Februari 2011 saat tahu ada pelatihan internet marketing, Pak Dian mencoba mengikutinya. Ternyata pelatihan Internet Marketing yang diikutinya merupakan pelatihan angkatan keempat dan dilatih langsung oleh Pak Agus Setyawan.  Selama empat kali pertemuan Pak Dian dijelaskan dari dasar tentang apa itu internet marketing, peluang-peluang yang bisa diraih dan bagaimana memaksimalkannya dalam mendukung usaha ataupun meng “create” usaha baru. 

Di pelatihan itulah Pak Dian tergugah akan pentingnya Internet Marketing dalam membantu usahanya. Selama pelatihan Pak Dian juga memilih suatu produk dimana produk tersebut umum, dibutuhkan siapa saja, dan prospeknya bagus. Perkembangan teknologi yang mengharuskan setiap mahasiswa dan pekerja mempunyai laptop dilihat sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Maka dipilihlah tas Laptop sebagai produk unggulkan di toko Onlinenya. Memanfaatkan blog gratiskan maka dibuatlah www.grosirtaslaptop.wordpress.com yang kini sudah menjadi www.grosirtaslaptop.com.
Alasan Pak Dian memilih website sebagai ajang untuk jualan karena dirasa tidak terlalu menguras waktu dan tenaga. Cukup dengan sekali optimasi maka 2 web yang dikelolanya bisa ditinggal-tinggal untuk jangka waktu yang lumayan lama (sekitar 5-7 hari). Ini berbeda apabila menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter sebagai tempat jualan dimana admin harus mengoptimasi lebih sering. Sejak menggunakan ilmu-ilmu internet marketing yang didapat dari pelatihan Pak Agus Setyawan, perubahan 180 derajat terjadi di usaha Pak Dian. Dari awalnya sulit mencari order melalui internet kini hampir setiap hari selalu ada order yang masuk. Cakupan wilayah yang dilayani pun tak tanggung-tanggung dari Aceh hingga Ambon dan Papua sudah pernah dilayani oleh Pak Dian. 

Walaupun baru menjalani internet marketing selama 8 bulan Omset yang diperoleh pun naik sangat signifikan dari awalnya berkisar di angka Rp 10-20 juta saja per bulan kini mampu menaikkan omsetnya hingga 400% atau 4 kali lipat. Suatu hal yang sangat disyukuri oleh Pak Dian, karena dengan pelatihan yang dirasa sangat murah dan terjangkau namun mampu memperoleh hasil yang luar biasa. Dan yang dirasa sangat berkesan adalah usaha grosir tas laptopnya telah mampu membantu penyediaan kebutuhan ratusan tas laptop di instansi-instansi pemerintahan seperti Kemendiknas, Kemenkeu, DPR RI, Bappenas, Bank Indonesia, Pertamina. Itu pun tanpa melalui proses berbelit sehingga menunjukkan betapa tepercayanya toko Online yang rata-rata membukukan 1000 hits per bulan ini.  Beberapa kelemahan seperti salah perhitungan dalam biaya kirim memang dirasa masih menjadi kendala, tetapi dengan prinsip service exellence yang diajarkan oleh Pak Agus Setyawan menyebabkan Pak Dian mampu memaksimalkan servis dan mengurangi dampak kesalahan tersebut. 

Untuk semua kemajuan usaha yang dijalaninya terutama di internet marketing PakDian sangat berterima kasih pada Pak Agus Setyawan yang telah menjadi guru internet marketingnya. Pak Agus Setywan dimata Pak Dian adalah sosok yang “Ga hanya ngomong, tetapi dibuktikan dengan tindakan nyata. Bila beliau (Pak Agus Setywan) ngomong akan membantu, ya pasti dibantu”. Selain itu Pak Agus Setywan dirasa adalah sosok pembicara yang tak sungkan untuk bertemu langsung dengan murid-muridnya. 

“Jarang ada pembicara yang mau ketemu langsung dengan peserta seminarnya, tapi justru Pak Agus Setyawan malah menemui murid-muridnya”. Demikian ungkap Pak Dian.
Dengan semakin majunya usaha Tas Laptonya maka Pak Dian berencana untuk membuat gudang untuk stok produknya. Dengan gudang tersebut stok produk dapat terjamin dan pelayanan ke konsumen pun dapat lebih cepat dilakukan. Batasan waktu pengiriman maksimal 1 minggu ke daerah terjauh atau terpencil di Indonesia menjadi target pelayanan usahanya. Selain itu juga ingin menambah toko offline nya di beberapa kota di jawa timur. 

Dan seperti ajaran dari Pak Agus Setyawan maka Pak Dian pun ingin menularkan ilmu internet marketing yang dimiliki ke lebih banyak orang. Sampai saat ini sudah 3 web yang dibantu mentoring oleh Pak Dian. Mulai dari website toko Online dengan produk Headphone, baju muslim hingga kerupuk rambak. Untuk produk erakhir yaitu kerupuk rambak bahkan sudah diliput oleh salah satu tv swasta tingkat nasional. Suatu hal yang patut diteladani dari ayah dari satu putri ini.


Profile

Nama                    : Ahadian TA
Instansi                  : CV. Karyatama Malang
Umur                    : 36 tahun
Usaha                   : Grosir Tas Laptop
Berdiri                   : 2011
Alamat                  : Jl Mertojoyo
No Hp                  : 081805033202
Telp Rumah           : 0341-9300099
Fax                       : 0341-552023
Website                 : www.grosirtaslaptop.com
YM                       : grosirtaslaptop@ymail.com
Email                     : grosirtaslaptop@gmail.com
  

You Might Also Like

0 komentar

Instagram