Gedung Baru Untuk Wakil Rakyat

21.09


Setelah tetunda beberapa saat, pembangunan gedung baru DPR akhirnya terealisasi. Pemerintah bersama DPR sepakat mengalokasikan dana sebesar Rp 800 miliar dalam APBN 2011 untuk membangun gedung baru bagi wakil rakyat (Kompas, 05/01/11). Dana yang sangat besar untuk memfasilitasi wakil rakyat yang tak kunjung menunjukkan manfaatnya bagi rakyat. Tentu kita miris dengan hal ini karena sebenarnya gedung DPR saat ini masih layak pakai. Gedung itu masih jauh dari bobrok sehingga perlu diganti dengan gedung baru.
Rakyat sudah mengkritik pembangunan gedung baru ini karena dinilai menghamburkan uang. Gedung baru tidak menjamin peningkatan kinerja dari wakil rakyat. Dan dana proyek sebesar itu sangat rawan dikorupsi. DPR seakan-akan tak kapok menjadi sorotan rakyat, setelah penganggaran rumah dinas yang mubadzir. Usulan dana Rumah Aspirasi juga sudah dinilai akal-akalan untuk mengeruk uang rakyat. Kini rakyat harus menelan pil pahit lagi dengan realisasi pembangunan gedung baru DPR.
Kalau saja pemerintah dan DPR kita punya sedikit saja empati, tentu akan lebih dihormati rakyat. Dana sebesar ratusan miliar itu sebenarnya bisa digunakan untuk tambahan bantuan di daerah yang baru terkena bencana seperti Wasior, Mentawai, dan Merapi. Sudah saatnya Negara menambah dana antisipasi dan penanggulangan bencana. Agar perasaan nyaman dan tenteram tidak hanya dimiliki oleh anggota DPR saja tetapi juga oleh rakyat banyak.

You Might Also Like

0 komentar

Instagram